Cari

Custom Search

Sabtu, 27 September 2014

PERAN ORANG TUA TERHADAP ANAK

Dalam kehidupan setiap manusia akan selalu di hadapkan pada dua pilihan. Kedua pilihan tersebut ada kalanya sama sama baik tetapi ada juga sama sama tidak baik.

Pengertian baik yang sesungguhnya adalah penilaian segala sesuatunya berdasarkan norma dan kaedah yang di ajarkan dalam setiap ajaran agama yang kita yakini kebenarannya. Agama adalah wahyu Tuhan jangan sampai di jadikan kedok sebagai bentuk pembenaran pribadi maupun sekelompok orang dengan bebagai macam kepentingannya.

Dewasa ini tidak sedikit orang tua keliru dalam menterjemahkannya. Mereka mendidik anak anaknya lebih di arahkan pada sebuah pencapaian yang berbau duniawi tanpa memberikan pengertian dan juga pemahaman yang benar apa yang sesungguhnya menjadi hakekat dan tujuan kehidupan itu sendiri.

Banyak orang tua merasa bangga kalau mereka mampu memberikan segala macam permintaan anak anaknya tanpa pernah di sadari bahwa apa yang di lakukannya kerapkali menimbulkan masalah di kemudian harinya.

Mereka tumbuh menjadi anak yang manja, tidak mau hidup susah dan selalu ketergantungan kepada orang tuanya. Inilah awal permasalahan sebelum akhirnya muncul berbagai bentuk permasalahan yang lain.

Memberikan pendidikan kepada anak ibaratkan menuliskan sesuatu kedalam secarik kertas putih, oleh karena itu jangan sampai keliru dalam mengarahkannya.

Didiklah mereka sesuai dengan norma dan kaedah berlaku bahwa sesungguhnya tiada yang lebih membahagiakan bagi para orang tua apabila anak anaknya tumbuh menjadi anak yang soleha, hormat terhadap orang tua dan memahami arti serta tujuan daripada kehidupan itu sendiri.

Carilah akar permasalahannya kemudian baru ambil langkah langkah untuk mengatasinya. Dalam kaitannya dengan peran orang tua terhadap anak anaknya didiklah mereka dengan cara yang benar mulai sejak mereka masih anak anak kelak begitu remaja merekapun akan tumbuh menjadi anak yang memiliki budi pekerti luhur sesuai dengan apa yang kita ajarkan.

Lingkungan sekitar akan sangat berpengaruh terhadap perubahan sikap dan prilaku anak benar adanya akan tetapi kalau sedari awal para orang tua mampu mendidik dan mengarahkan anak anak dengan benar niscaya berbagai macam pengaruh buruk dari lingkungan sekitar akan bisa di atasi. Mereka akan mampu memilah mana yang baik dan mana yang tidak baik, mana yang boleh di lakukan dan mana yang tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar