Cari

Custom Search

Minggu, 28 September 2014

PEMBEKALAN KETRAMPILAN DI KALANGAN PELAJAR

Persaingan hidup yang semakin tinggi menuntut setiap orang memiliki ketrampilan yang memadai untuk bisa bertahan hidup dalam upaya meningkatkan perekonomian keluarganya.

Terlebih pada jaman moderen seperti sekarang ini menuntut setiap orang untuk mampu bertindak cepat sehingga tidak jarang menimbulkan beban tersendiri bagi mereka yang belum memiliki kesiapan dan awam  teknologi.

Sebagai contoh di beberapa negara yang sedang berkembang banyak sekali lulusan kesarjanaan sulit untuk mendapatkan pekerjaan karena lulusan yang di hasilkan belum mampu memenuhi permintaan pasar.

Situasi seperti ini membuat jumlah pengangguran menjadi semakin tinggi. Para lulusan kesarjanaan yang di harapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri justru berbanding terbalik dengan kenyataan.

Ribuan lulusan kesarjanaan yang di hasilkan setiap tahunnya kerapkali menjadi beban bagi negara karena jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja. Oleh karena itu penting untuk di lakukan evaluasi agar kedepannya lulusan yang di hasilkan benar benar berkualitas dan siap menghadapi persaingan global.

Upaya Meningkatkan Ketrampilan Pelajar 
Ketrampilan yang di miliki oleh setiap orang tidak akan bisa tumbuh dan berkembang dengan sendirinya tanpa di bekali dengan pelatihan pelatihan.

Untuk bisa mengetahui kelebihan dan juga kekurangan yang di miliki oleh setiap pelajar pertama tama bisa di lihat dari hoby ataupun kegemarannya. Oleh karena itu penting artinya untuk memberi keleluasaan kepada mereka untuk mengekspresikan diri ataupun menuangkan ide kreatifnya dalam satu wadah untuk bisa di kembangkan lebih lanjut.

Ada beberapa hal yang bisa di lakukan untuk meningkatkan ketrampilan di kalangan pelajar dan mahasiswa di antaranya:
  • Memberikan ruang gerak yang cukup kepada mereka untuk menggali semua potensi yang ada dalam dirinya.
  • Menampung dan juga menjembatani ide ide kreatif mereka ke dalam sebuah wadah ataupun organisasi.
  • Menyediakan sarana dan prasarana sesuai dengan peruntukannya.
  • Menyiapkan tenaga pengajar yang berkualitas.
  • Mewujudkan semua ide kreatif dengan cara melakukan kegiatan praktek langsung.
  • Merangsang mereka untuk terus berlatih dengan mengadakan berbagai bentuk perlombaan ketrampilan.
  • Memaksimalkan ketrampilan dengan memberikan pelatihan pelatihan secara berkesinambungan.
  • Membantu mereka dalam pemasarannya
Untuk bisa mewujudkan itu semua kerjasama semua pihak mulai dari orang tua, guru di sekolah, swasta dan juga pemerintah mutlak di perlukan sehingga dalam realisasinya tidak menemukan hambatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar